Senin, 19 Maret 2012

KONTROVERSI KENAIKAN BBM

KONTROVERSI KENAIKAN BBM

Kenaikan BBM yang rencananya akan diberlakukan mulai 1 April 2012 menimbulkan banyak pro dan kontra dikalangan masyarakat luas, kontra sudah sangat jelas di ungkapkan rakyat kecil. Hal ini menimbulkan tanda tanya besar, kemana  alokasi subsidi yang sangat besar ke BBM ini akan dialokasikan?
Kondisi ini jelas sangat menyulitkan penduduk Indonesia yang berpenghasilan kecil, karena baik langsung maupun tidak langsung, kenaikan harga BBM ini akan menambah beban hidup mereka.  Apa lagi dibeberapa kota dan kabupaten masih banyak perusahaan, buruh dan Pemerintah daerah yang masih bersitegang mengenai  penyesuaian UMK tahun 2012.
Melihat kebelakang pada kabinet Indonesia bersatu Jilid I kenaikan BBM diiringi dengan Bantuan Tunai Langsung atau yang lebih popular disebut BLT. Alih-alih untuk memberikan kompensasi langsung ke rakyat miskin atas kenaikan BBM, nyatanya program malah BLT menimbulkan banyak kontroversi. Program ini jelas memanjakan masyarakat, dibeberapa daerah dana BLT diselewengkan, bahkan kita sering mendengar program ini salah sasaran. Masyarakat yang memiliki motor bagus dan handphone ikut turut menikmati dana yang seharusnya hak orang miskin.
Jika ada yang meraup keuntungan pada program ini adalah Pemerintah dan partai Demokrat. Program BLT disusun ditengah kenaikan harga BBM yang merupakan keputusan yang tidak populis demi menyelamatkan muka pemerintah. Bahkan bisa dibilang BLT adalah kebijakan politis demi menyelamatkan Pemerintah yang notabene didukung Partai Demokrat pada pemilu 2009.
Kontroversi memuncak ketika BLT dibagikan pada musim kampanye, lawan-lawan politik SBY pada saat itu mengecam pemberian BLT yang tidak ubahnya sebagai money politic untuk mempertahankan kekuasaan.
Seperti yang dikutip dari Kompas.com Jumat, 10 April 2009 yang berjudul Demokrat Terdongkrak BLT, Selain karena faktor ketokohan SBY, Bantuan Langsung Tunai (BLT) menjadi “gara-gara” selanjutnya yang mendongkrak popularitas Demokrat. Bisa jadi skenario ini terulang kembali ditengah carut-marut pemerintahan dan partai Demokrat
Lalu bagaimana skenario kenaikan harga BBM yang akan dilaksanakan 1 April 2012 mendatang? ditengah fluktuasi harga minyak dunia yang terus meroket, kenaikan harga BBM merupakan hal yang tidak dapat dihindari tapi yang perlu diwaspadai adalah pihak-pihak yang mengambil keuntungaan diatas penderitaan masyarakat miskin.

Sumber : www.okezone.com www.kompas.com + sunting dari saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar